·  << PENGUMUMAN PENERIMAAN KEBUTUHAN ASN DILINGK. PEMPROV. SUMSEL TH. 2018, DAPAT DILIHAT DI KOLOM PENGUMUMAN << · 
Galeri BKD
 
Web Link

Portal Nasional Republik Indonesia

Sekretariat Kabinet RI

Departemen Dalam Negeri RI

Kemenpan dan RB

Badan Kepegawaian Negara

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kota Palembang

BPJS Kesehatan

PT. Taspen

Bapertarum PNS

 
Beranda > Berita > Berita BKN

My SAPK, Data Kepegawaian Kini Dalam Genggaman

26/09/2019 15:00:03 WIBOleh : Admin BKD Provinsi Sumsel

Badan Kepegawaian Negara

Diposting oleh : Teamweb

SAPK, kata-kata yang sudah tidak asing bagi pengelola kepegawaian di instansi pemerintah. SAPK merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian. Aplikasi ini adalah aplikasi besutan BKN yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepegawaian bagi seluruh PNS di Indonesia dan aplikasi ini telah digunakan oleh seluruh instansi pemerintahan di Indonesia. Proses penetapan NIP, proses kenaikan pangkat, proses pensiun, dan proses kepegawaian lainnya dilakukan melalui aplikasi berbasis web ini.

 

 

My SAPK, Data Kepegawaian Kini Dalam Genggaman

 

 

Tidak semua PNS bisa mengakses SAPK karena aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi PNS pengelola kepegawaian saja. Berbeda dengan My SAPK yang bisa diakses dan digunakan oleh semua PNS. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melihat data kepegawaiannya, melengkapi data tertentu (NIK, nomor handphone, alamat rumah dll.), memantau status proses KP dan pensiun. Aplikasi ini juga menyediakan KPE virtual yang nantinya digunakan untuk menggantikan KPE fisik yang pernah dicetak oleh BKN. Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna juga dapat  memeriksa keabsahan SK dan persetujuan teknis yang dicetak menggunakan SAPK dengan cara membaca barcode yang tercantum pada dokumen tersebut.
 
Aplikasi My SAPK saat ini baru tersedia untuk platform Android dan aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Playstore. Cukup ketika My SAPK pada pencarian Playstore dan menu My SAPK BKN akan muncul. Tekan tombol install untuk memasangnya pada smartphone.
 
Untuk menggunakan aplikasi My SAPK pengguna harus memasukkan username dan password e-PUPNS 2015. Jika pengguna sudah lupa username dan password-nya, jangan khawatir karena ada fitur lupa username dan lupa password. Dengan memasukkan jawaban dari pertanyaan pengaman yang pernah dimasukkan saat e-PUPNS, pengguna bisa memperoleh kembali username-nya dan membuat password baru. Lalu bagaimana jika jawaban pertanyaan pengamannya juga lupa ? Pengguna aplikasi juga tidak perlu khawatir karena fitur lupa jawaban juga sudah disediakan. Cukup dengan memasukkan nomer KK dan nomer NIK, pengguna bisa mengetahui jawaban pertanyaan pengamannya.
 
Keberadaan aplikasi My SAPK ini melengkapi beberapa aplikasi BKN yang sudah ada di situs https://apps.bkn.go.id dan dengan aplikasi ini diharapkan PNS di Indonesia makin peduli terhadap data kepegawaiannya. Jika ada data kepegawaian yang belum sesuai pengguna diharapkan segera melaporkan kepada pengelola kepegawaian di instansi masing-masing. Di era teknologi seperti sekarang ini ini, data yang up to date mutlak diperlukan agar layanan kepegawaian dapat berjalan lancar. “Setelah e-PUPNS, updating data secara berkelanjutan perlu dilakukan. Untuk melakukan itu, dibuatlah aplikasi My SAPK agar proses updating data dapat berjalan lebih cepat”, ungkap Bapak Sabar P. Sormin, Direktur Pengolahan Data dan Sistem Informasi BKN, dalam sambutannya pada acara Sosialisasi My SAPK dan Modul Pelayanan SAPK Pensiun SAPK di Kantor Regional I BKN 18 April lalu. Beliau juga meminta masukan-masukan untuk pengembangan My SAPK ke depan . Aplikasi My SAPK saat ini masih versi beta dan aturan yang menjadi payung aplikasi ini saat ini masih dalam bentuk rancangan.

 

 

Share

Berita Lainnya

Komentar
Kirim Komentar
Nama:
E-Mail:
Komentar:
   
Masukan kode pada gambar di atas:
  
Komentar terbaru (Belum ada komentar yang masuk)
PROFIL PNS

Portal Resmi e-PUPNS

 
STATISTIK
Tahun ini145406
Bulan ini10912
Hari ini831
Online
791016
Sejak : 09/04/2011
 
INFO KEPEGWAIAN

Portal Resmi e-PUPNS

 
PENGUMUMAN

Pelaksanaan Assesment Test Kompetensi Manajerial Peserta JPT Pratama di Lingk. Pemprov. Sumsel

Hasil Seleksi Administrasi Administrasi dan Waktu Pelaksanaan Pembuatan Karya Tulis Serta Wawancara Akhir Peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama Prov. Sumsel


Arsip Pengumuman
 
fans PAGE

page BKD Prov, SUmsel

 
© 2019 |Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Selatan
Engine : JCMS 2011.10