·  WASPADA TERHADAP OKNUM YANG MENJANJIKAN SESUATU YANG MENGATASNAMAKAN PEJABAT BKD PROV. SUMSEL DENGAN MEMINTA SEJUMLAH UANG. HAL INI TIDAK BENAR, SEGERA LAPORKAN KE BKD PROV. SUMSEL TELP. 0711-311050 FAX. 0711-356094 << · 
Pengunjung
Tahun ini13064
Bulan ini2145
Hari ini33
Online1
94943
Sejak : 09/04/2011
 
Galeri BKD
 
Web Link

Portal Nasional Republik Indonesia

Sekretariat Kabinet RI

Departemen Dalam Negeri RI

Kemenpan dan RB

Badan Kepegawaian Negara

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kota Palembang

PT. Askes

PT. Taspen

Bapertarum PNS

 
Beranda > Berita > Berita Kemenpan RB

UGM Ketua Konsorsium 10 PTN Seleksi CPNS

26/01/2012 16:41:24 WIBOleh : Admin BKD Provinsi Sumsel

Written by dewi
Thursday, 26 January 2012 09:16

Universitas Gadjah Mada (UGM) ditunjuk menjadi  Ketua Konsorsium sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilibatkan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS secara transparan, bersih dan obyektif. Penunjukan itu dilakukan dalam rapat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi  (RB), Kamis, 26 Januari 2012. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari sembilan program penajaman dan percepatan reformasi birokrasi. “Kalau sudah dimasak bagus-bagus, kemudian dicolok dengan tangan, nanti basi makanannya,” ujar Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar ketika memberikan arahan dalam acara tersebut.

Menteri berharap, konsorsium 10 PTN yang direkomendasikan Mendikbud ini mampu mengubah citra pelaksanaan seleksi CPNS yang belakangan ini diwarnai dengan banyaknya kasus KKN. Bahkan ada sinyalemen bahwa hal itu merupakan salah satu ‘ATM’ bagi pimpinan daerah. 

Dalam prakteknya, pemda memang bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri dalam menyelenggarakan seleksi CPNS. Tetapi pada saat pengumuman hasil ujian, bukan PTN yang melakukan, tetapi pejabat pembina kepegawaian (PPK) daerah itu sendiri, yang sebelumnya bisa mengubah rangking nilai peserta. Yang menyedihkan, ada sejumlah Rektor PTN yang tidak tahu bahwa PTN yang dipimpinnya ikut menyelenggarakan test CPNS. 

Menteri Azwar Abubakar mengatakan, mestinya hasil ujian yang diselenggarakan PTN, selain diserahkan  ke PPK, juga disampaikan kepada  Menteri PAN - RB dan Kepala BKN. Hal itu bisa menghindari terjadinya kong kalingkong. “Untuk itulah saya mengajak ICW untuk ikut mengawasi pelaksanaan seleksi CPNS,” ujarnya

Terkait dengan materi ujian kompetensi dasar, Menteri menekankan agar dimasukkan materi empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. “Ini mutlak, karena PNS merupakan perekat NKRI,” tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Ramli E. Naibaho mengatakan, sepuluh PTN yang bergabung dalam konsorsium dimaksud adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (UNHAD), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Dengan terbentuknya konsorsium 10 PTN ini, lanjut Ramli, kalau ternyata ada daerah yang tahun 2012 ini melakukan rekruitmen CPNS, soal-soal maupun mekanismenya sudah tersusun, sehingga pelaksanaannya dapat memenuhi harapan masyarakat, obyektif, transparan, dan bebas dari KKN. 

Dalam waktu dekat, akan dilakukan penandatanganan MoU antara  Kementerian PAN dan RB, Kementerian Dikbud, dan kesepuluh rector PTN dimaksud. (ags/HUMAS MENPAN-RB).

Sumber Berita : http://www.menpan.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=92:ugm-ketua-konsorsium-10-ptn-seleksi-cpns&catid=1:berita-terbaru

Share

Berita Lainnya

Komentar
Kirim Komentar
Nama:
E-Mail:
Komentar:
   
Masukan kode pada gambar di atas:
  
Komentar terbaru (1 Komentar)
dwi, tlg diumumkan passing grade hasil tes cpns 2012 untuk kabupaten se-sumsel yang mengadakan tes cpns 2012
Pencarian
 
Pengumuman

Keputusan Presiden RI No.14 Tahun 2014 Tentang PENETAPAN HARI PEMUNGUTAN SUARA PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPR, DPD dan DPRD TAHUN 2014 SEBAGAI HARI LIBUR NASIONAL


Arsip Pengumuman
 
Jajak Pendapat

Menurut Anda, Bagaimana Pelayanan BKD Prov. Sumsel di Tahun 2014 ?

Sangat Baik
Baik
Cukup
Mengecewakan

Current Results

 
© 2014 |Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Selatan
Engine : JCMS 2011.10